Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampua Berpikir Kreatif Berbantuan Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk The non-equivalent control grup design.. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SDIT Cahaya Ummat. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yang diambil secara purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IIIA dan IIIB SDIT Cahaya Ummat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan pretest dan posttest sedangkan teknik non tes menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji one way anova, uji regresi linear sederhana, uji independent sample t test dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif, dibuktikan dengan taraf signifikasi 0,003 < 0,05 menggunakan uji independent t test (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Mind Mapping terhadap berpikir kreatif, dibuktikan dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05 menggunakan uji regresi linear sederhana (3) Terdapat peningkatan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Mind Mapping terhadap berpikir kreatif, dibuktikan dengan taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 menggunakan uji paired sample t test. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS); Berpikir Kreatif; Mind Mapping