DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan Media Papan Putaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sd
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Lailasari, Afifah Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-11-12 01:07:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berbantuan media papan putaran terhadap pemahaman konsep. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eskperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SD Negeri Langensari 01 dan SD Negeri Langensari 03. Sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik sample purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Langensari 01 sebagai kelas eksperimen dan V SD Negeri Langensari 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan prestest dan posttest sedangkan teknik non tes menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap penggunaan model Conceptual Understanding Procedures berbantuan media papan putaran, dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berbantuan media papan putaran terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dengan nilai signifikansi 0,001 dan 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Conceptual Understanding Procedures, Papan Putaran, Pemahaman Konsep 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo