DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observeexplain) Berbantuan Media Gerugi (Gerak Perubahan Energi) Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Tentang Energi Pada Siswa Kelas Iv
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Rosalyta, Adella
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-11-12 01:17:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Media Gerugi (Gerak Perubahan Energi) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Tentang Energi Pada Siswa Kelas IV. Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan di SDN Jepat Lor 01 terdapat permasalahan dalam pembelajaran. yaitu dalam mata pelajaran IPA yang mana merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang dipahami oleh siswa. Pada mata pelajaran IPA akan kurang maksimal jika pembelajaran kepada siswa hanya diberikan melalui penjelasan semata karena akan mempengaruhi hasil belajar siswa.. Hal ini mampu menyebabkan siswa mengalami kesulitan bahkan sebagian siswa akan bosan atau jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil belajar. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan untuk kelas IVA 26,71% dan IVB 29,71%. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jepat Lor. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB SDN Jepat Lor. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan pretest dan posttest sedangkan teknik non tes menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa melalui penggunaan model pembelajaran predict observe explain berbantuan media gerugi, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran predict observe explain berbantuan media gerugi terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan 0,014 < 0,05. Kata Kunci: Poe (Predict-Observe-Explain), Gerugi, Pemahaman Konsep 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo