DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sd
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Anindita, Deviana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-11-12 01:33:57 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Plumutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain NonEquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Plumutan. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IA dan IB SDN Plumutan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ranah kognitif, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent sample T-Test dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan membaca permulaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang mana dapat dilihat dari Uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai sig. 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuann membaca permulaan siswa yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji Regresi Linier Sederhana yang menunjukkan signifikasi yang kurang dari 0,05 yaitu 0,028<0,05. Sehingga data hasil uji regresi linier sederhana Model Summary, diperoleh nilai R. Square = 0,242 = 24,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media big book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Plumutan. Kata Kunci : Model Pembelajaran CIRC, Media Big Book, Kemampuan Membaca Permulaan 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo