Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Monopoli terhadap pemahaman konsep siswa kelas I di SDN Kalongan 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain NonEquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kalongan. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IA dan IB SDN Kalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ranah kognitif, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent sample T-Test dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan rata-pemahaman konsep yaitu hasil uji Independent sample T-test terlihat nilai sig.0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division(STAD) berbantuan media monopoli terhadap pemahaman konsep siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji Regresi Linier Sederhana yang menunjukkan signifikasi yang kurang dari 0,05 yaitu 0,049 < 0,05. Sehingga data hasil uji regresi linier sederhana Model Summary, diperoleh nilai R. Square = 0,198 = 19,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media monopoli berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas I di SDN Kalongan 02. Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Media Monopoli, Pemahaman Konsep