Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran display (Educrit Tree) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode Quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Langensari 02. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Langensari 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner/angket, tes, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji independent T-test dan Uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat per perbedaan penggunaan model pembelajaran menggunakan Think Pair Share (TPS) berbantuan media display (Educrit Tree) antara kelas eskperimen dan kelas kontrol, dapat dilihat dengan hasil Uji independent T-test memiliki nilai sig. 0,001 dan 0,001 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran display (Educrit Tree) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dapat dilihat dari hasil Uji Regresi Linear Sederhana diperoleh nilai signifikansi menunjukkan 0,013 < 0,05 dengan R square 0,240 maka model regresi ini dapat dilihat mempengaruhi variabel partisipasi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media pembelajaran display (Educrit Tree) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SDN Langensari 02. Kata Kunci : Think Pair Share, Media display (Educrit Tree), Kemampuan Berpikir Kritis.