Abstract :
Pada dasarnya Pendidikan merupakan proses individu dalam mengembangkan potensi diri dan menghadapi perubahan yang terjadi. Banyak tantangan dalam perkembangan sosial yang sedang berlangsung mengenai kualitas pendidikan di negeri ini. Pembelajaran yang pada dasarnya yang bertujuan untuk mengarahkan anak dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai rencana. Dari pendekatan tersebut akan terdapat perbedaan atau kesenjangan antara anak pintar dan anak kurang pintar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kondisi ini menyulitkan tercapainya memenuhi Tujuan Pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dapat dijadikan contoh adalah Strategi Pembelajaran Aktif. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep tentu saja berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran. Pemikiran siswa juga menjadi kurang baik karena siswa kurang dilibatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran. Kurangnya pembelajaran dalam kelompok juga mendorong individualisme siswa, sehingga siswa tidak dapat bekerja sama dalam tim atau kelompok. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan video pada siswa Kelas II MI Gedanganak. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind map berbantuan video terhadap pemahaman konsep siswa kelas II MI Gedanganak. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana Uji Hipotesis I dilakukan dengan menggunakan Independent Sample TTest. Model pembelajaran yang digunakan peneliti adalah Mind Mapping dengan media video, dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Gedanganak. Di akhir kegiatan pembelajaran, peneliti memberikan post-test untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping berbantuan Video dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping. Berikut hasil post-test yang membandingkan rata-rata kedua kelas yang nantinya akan diuji dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Berbantuan Media Video, Pemahaman Konsep.