DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sdn Kalongan 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Maulidha, Cholifatul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-11-13 06:56:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap sikap ilmiah dan kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quast Experimental (Non Equivalent Control Group Design).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kalongan 02.Sampel penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas Kontrol sedangkan kelas III B sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data dengan Teknik tes melalui pretest dan posttest serta Teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, dan angket.Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukan : (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.Berdasarkan hasil penelitianm dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Audio Visual, Sikap Ilmiah, Kemampuan Berpikir Kritis 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo