Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC ( Cooperative Integrated Reading and Composition ) berbantuan media alfabe card terhadap keterampilan membaca permulaan dan pemahaman konsep siswa kelas II SDN Plumutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Non- Equivalent Cintrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Plumutan. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IIa dan IIb. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ranah kognitif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent Sample T-test dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata- rata keteramilan membaca permulaan siswa antara kelas control dan kelas eksperimen, yang mana dapat dilihat dari Uji Independent samplr T-test dan diperoleh nilai sig 0,049 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelakaran CIRC berbantuan media alfabet card. Dari data uji Independent sample T test terlihat nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model CIRC berbantuan media alfabet card terhadap membaca siswa. Dari data table Anova,diperbolehkannilaif=24.446danSig=0,000dandapatdisimpulkanbahwaSig..0,000< 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. (4) Terhadap pengaruh model CIRC berbantuan media alfabet card terhadap pemahaman konsep siswa, dari hasil Anova data tabel diperoleh nilaiiF= 0,083danSig.=0,038dandapatdisimpulkanbahwaSig.=0,038<0,05yangberatiHo ditolakdanHaditerima.
KataKunci:ModelPembelajaranCIRC,Mediaalfabetcard,KeterampilanMembacaPermulaan, PemahamanKonsep