DETAIL DOCUMENT
Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Crithingcle Terhadap Berpikir Kritis siswa Kelas III SD Negeri Plumutan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Puasari, Tyas Ningrum
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-11-12 08:51:25 
Abstract :
Berdasarkan dari permasalahan yang ada di SD Negeri Plumutan yaitu masih rendahnya siswa dalam pembelajaran berpikir kritis model yang digunakan guru masih monoton. pembelajaraya kurang bervariasi adanya keterbatasan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri berbantuan media crithingcle terhadap berpikir kritis siswa kelas III SD Negeri Plumutan.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Non Equivalent control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Plumutan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ranah kognitif, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, yaitu Uji Independent Sample T-Test dan Uji Regresi Linier Sederhana, dan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat perbedaan penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbantuan media crithingcle terhadap berpikir kritis siwa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil uji independent Sample T-Test dengan taraf nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,001< 0,005. Sehingga dapat disimpulkan kalau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok belajar kelas ekperimen dankelas kontrol, yang dimana nilai rataan kelas eksperimen 83,67 lebih besar daripada rataan kelas kontrol 78,36.(2) terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbantuan media crithingcle terhadap berpikir kritis siwa. Perihal ini dibuktikan dengan Uji Regresi Linier Sederhana dengan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu 0,003<0,05. Sehingga pada variabel berpikir kritis siswa disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri berbantuan media crithingcle terhadap berpikir kritis siswa sebesar (nilai R square 0.503= 50.3%. (3) terdapat peningkatan pembelajaran model inkuiri berbantuan crithingcle. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Paired Sample T-Test nilai signifikansinya kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Media Crithingcle, Berpikir Kritis. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo