Abstract :
Pelayanan Kesehatan merupakan segala upaya dan kegiatan dapat meningkatkan dan
memulihkan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencapai masyarakat
yang sehat. Setiap klinik merupakan sarana untuk berobat jalan, dalam hal ini klinik tidak
hanya menjual jasanya melainkan memperhatikan aspek pelayanan yang meberikan kepuasan
pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan
dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di Klinik Ugaran Sari Medika PT Sari Garment
Ungaran Kabupaten Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan ini menggunakan metode survei
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 877 pasien.
Sampel menggunakan rumus slovin didapat 89,7 dibulatkan menjadi 90 orang. Dalam
penelitian ini, analisis bivariate menggunakan uji Spearman?s Rank.
Hasil dari penelitian ini bahwa dari 90 responden setuju berjumlaah 86 responden
(95.6%) untuk kualitas pelayanan kesehatan, sedangkan dalam pernyataan kepuasan pasien,
sebagian besar merasa sangat baik berjumlah 82 responden (91.1). hasil Spearman Rank
menunjukkan nilai sig (2-Tailed) sebesar 0,003<0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima,
yang artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien
di Klinik Ungaran Sari Medika.
Bagi tempat pelayanan kesehatan, Kepuasan pasien adalah evaluasi positif dari
dimensi pelayanan yang beragam dan dengan kepuasan pasien juga dapat mengukur seberapa
baik kualitas pelayanan yang di berikan.
Kata kunci : Jaminan Kesehatan Nasioanal, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan Nasional