Abstract :
L?t?r Bel?k?ng: Rumah sakit adalah pelayanan kesehatan sekunder yang
merupakan tempat rujukan bagi pelayanan tingkat pertama. Rendahnya kunjungan
ke rumah sakit dapat disebabkan oleh minat bidan dalam merujuk. Adapun faktor?faktor yang mempengaruhi minat bidan untuk merujuk ke rumah sakit yaitu faktor
kualitas pelayanan, komunikasi, jarak dan waktu tempuh. Berdasarkan hasil studi
pendahuluan yang dilakukan di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon didapatkan data
ibu bersalin pada tahun 2022 sebanyak 1089 orang, rujukan bidan sebanyak 525
orang (48,2%) dan data ibu bersalin tahun 2023 sebanyak 1119 orang, rujukan bidan
sebanyak 510 orang (45,6%). Sedangkan data ibu bersalin pada periode Januari?Maret 2024 sebanyak 254 orang, rujukan bidan sebanyak 112 orang. Peneliti?n ini
bertuju?n untuk menget?hui faktor-faktor yang mempengaruhi minat bidan untuk
merujuk ke Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon.
Metode: Jenis peneliti?n menggun?k?n peneliti?n ku?ntit?tif deng?n des?in
peneliti?n deskriptif korel?sion?l deng?n pendek?t?n cross section?l. Popul?si
peneliti?n ?d?l?h seluruh bidan yang merujuk ke Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon
d?n teknik peng?mbil?n s?mpel menggun?k?n total s?mpling seb?ny?k 53 or?ng.
Pengumpul?n d?t? menggun?k?n lembar kuesioner. ?n?lisis d?t? ?d?l?h univ?ri?t
d?n ?n?lisis biv?ri?t menggun?k?n uji chi squ?re (?
2
).
H?sil: Gambaran faktor kualitas pelayanan sebagian besar dengan kategori baik
yaitu 41 orang (77,4%). Gambaran faktor komunikasi sebagian besar dengan
kategori baik yaitu 36 orang (67,9%). Gambaran faktor jarak sebagian besar dengan
kategori jauh yaitu 40 orang (75,5%). Gambaran faktor waktu tempuh sebagian
besar dengan kategori cepat yaitu 31 orang (58,5%). Gambaran minat bidan untuk
merujuk sebagian besar dengan kategori tinggi yaitu 29 orang (54,7%). Hasil uji
statistik chi square (?
2
) diperoleh ? value < ? (0,05) menunjukkan bahwa Ha
diterima.
Simpul?n: Terd?p?t hubung?n ?nt?r? faktor kualitas pelayanan, faktor komunikasi,
faktor jarak dan faktor waktu tempuh dengan minat bidan untuk merujuk ke Rumah
Sakit Pelabuhan Cirebon. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan pertimbangan dalam melakukan usaha dalam peningkatan pelayanan
kesehatan rumah sakit.
K?t? Kunci:Faktor, Minat, Rujukan