DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDIT NIDAUL HIKMAH KOTA SALATIGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Miftahudin, Farah Mahdiyyah
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2019-12-06 04:00:25 
Abstract :
Bullying merupakan kekerasan untuk menyakiti seseorang dalam aspek fisik, verbal, maupun psikologis. Perilaku bullying dapat timbul karena pengaruh dari teman sebayanya. Pada usia sekolah, anak cenderung melepas ketergantungan dengan orang tua dan melakukan modelling dari teman sebayanya agar diterima dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga sejumlah 647 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, didapatkan 87 sampel. Alat pengumpulan data adalah kuesioner tentang peran teman sebaya dan perilaku bullying. Analisis menggunakan uji Kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran peran teman sebaya sebagian besar masuk dalam kategori sedang (70,1%) dan perilaku bullying paling tinggi bullying berat (35,6%). Tidak ada hubungan yang signifikan antara peran teman sebaya dan perilaku bullying dengan pvalue = 0,991 (? = 0,05). Penyebab tidak ada hubungan antar dua variabel tersebut dapat disebabkan faktor lain seperti karakteristik anak, pola asuh orang tua, maupun lingkungan tempat tinggal. Diharapkan bagi anak dapat memilih pergaulan teman sebaya yang memberikan pengaruh positif bagi perkembangan dan dapat menghindari perilaku bullying. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo