DETAIL DOCUMENT
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
SUKMA, NITA
Yuswantina, Richa
Dyahariesti, Niken
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2020-04-07 02:00:24 
Abstract :
Pelayanan kefarmasian adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Pelayanan yang berkualitas dilihat dari pelayanan yang diberikan mampu memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan. Dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian perlu dilakukan evaluasi dengan menilai kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrument penelitian kuesioner. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode Service Quality kemudian digambarkan dengan diagram kartesius untuk mencari hasil dari analisis kepuasan pasien Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai gap dimensi responsiveness (ketanggapan) sebesar 1,24 termasuk kategori puas, dimensi reliability (kehandalan) sebesar 1,27 termasuk kategori puas, dimensi assurance (jaminan kepastian) sebesar 0,80 termasuk dalam kategori cukup puas, dimensi tangible (wujud nyata) sebesar 1,38 termasuk dalam kategori puas dan dimensi emphaty (perhatian) sebesar 1,21 termasuk dalam kategori puas. Simpulan : Kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang dikategorikan puas dengan nilai rata-rata kenyataan 4,57, nilai rata-rata harapan 3,39, dan nilai rata-rata gap 1,18. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo