DETAIL DOCUMENT
FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MASYARAKAT DALAM MENJUAL OBAT DI WARUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
SEPTIANDRI KUSUMA, VIVI
Dyahariesti, Niken
Oktianti, Dian
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2020-04-07 02:07:37 
Abstract :
Swamedikasi menjadi alternatif yang diambil masyarakat untuk meningkatkan keterjangkauan pengobatan masyarakat memerlukan pedoman yang terpadu agar tidak terjadi kesalahan pengobatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam menjual obat di warung. Metode : Desain penelitian ini deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini masyarakat yang menjual obat di warung dengan jumlah sampel 68 responden menggunakan metode total sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data diolah dengan menggunakan analisis faktor. Hasil : Sebagian besar pengetahuan tentang keuntungan dan kerugian kategori sedang (51,5%), tentang penggolongan obat kategori baik (42,6%), tentang informasi etiket obat kategori baik (52,9%), tentang penyimpanan kategori baik (64,79%), tentang faktor sosial kategori baik (42,6%) dan tentang faktor personal kategori cukup (57,4%). Faktor yang mempengaruhi mempengaruhi perilaku masyarakat dalam menjual obat di warung yaitu pengetahuan tentang keuntungan dan kerugian (54,907%) dan pengetahuan tentang pengggolongan obat (24,309%) yang diambil dari analisis faktor berdasarkan hasil ekstraksi faktor. Simpulan : Faktor pengetahuan tentang keuntungan dan kerugian menjadi faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap perilaku masyarakat dalam menjual obat di warung. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo