Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Fitriyah Marwa, Nuraini
Choiriyyah, Zumrotul
Sukarno, Sukarno
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-04-14 01:15:50
Abstract :
Tindakan bullying merupakan penyalahgunaan kekuatan yang menyebabkan ketidakbahagiaan pada anak sehingga anak tidak dapat mencapai potensinya secara penuh. Salah satu dampak buruk bagi korban bullying yaitu menurunnya prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tindakan bullying dengan prestasi belajar pada anak sekolah dasar di SDN Padangsari 01 Semarang.
Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional design. Sampel penelitian, 199 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan menggunakan teknik Total Sampling. Alat pengambilan data untuk tindakan bullying menggunakan kuesioner dan prestasi belajar menggunakan nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Analisis data penelitian menggunakan uji Kendall?s Tau.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 25 siswa (12,6%) mengalami tindakan bullying berat, 105 siswa (52,8%) mengalami tindakan bullying sedang dan 69 siswa (34,7%) mengalami tindakan bullying ringan. Sebanyak 5 siswa (2,5%) mendapatkan prestasi belajar rendah, 162 siswa (81,4%) mendapatkan prestasi belajar sedang dan 32 siswa (16,1%) mendapatkan prestasi belajar tinggi. Hasil analisis data diperoleh nilai ? sebesar 0,271 dan p-value sebesar 0,000 (?=0,05). Terdapat hubungan yang bermakna antara tindakan bullying dengan prestasi belajar pada anak sekolah dasar di SDN Padangsari 01 Semarang.
Sebaiknya siswa tidak melakukan tindakan bullying dan menjalin hubungan yang baik dengan temannya sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik.