Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Arifah, Yanuba
Saparwati, Mona
Purwaningsih, Heni
Subject
RT Nursing
Datestamp
2020-04-14 02:20:15
Abstract :
Perkembangan psikososial adalah perkembangan yang berhubungan dengan pemahaman seorang individu atas situasi sosial di lingkungannya. Psikososial juga berkaitan dengan kemampuan seorang anak melepaskan diri dari orang penting didekatnya dan melakukan tugas-tugas yang diberikan secara mandiri. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan psikososial anak yaitu dukungan dari figur pertama anak yaitu orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah di SDN Karangjati 02.
Desain pada penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan total sampel 157 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dukungan orang tua dan kuesioner perkembangan psikososial. Analisis data penelitian menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian yaitu perkembangan psikososial anak dikategorikan kurang pada 24 anak (82,8 %), dikategorikan sedang yaitu sebanyak 28 anak (51,9 %), dikategorikan baik yaitu sebanyak 67 anak (90,5 %). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square didapatkan p-value sebesar 0,000 < 0,05 (?). Sehingga ada hubungan yang bermakna dukungan orang tua dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah di SDN Karangjati 02.
Sebaiknya orang tua memberikan dukungan secara menyeluruh pada aspek-aspek perkembangan psikososial anak sehingga perkembangan anak dapat optimal.