DETAIL DOCUMENT
ANALISA KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS TUNTANG KABUPATEN SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
PRABANDARI, SEPTI
Yuswantina, Richa
Resti Erwiyani, Agitya
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2020-04-15 03:34:09 
Abstract :
Pelayanan kefarmasian di Puskesmas yang semakin optimal dan dapat dirasakan manfaatnya oleh pasien. Masyarakat akhirnya dapat meningkatkan citra Puskesmas dan kepuasan pasien. Setiap puskesmas membutuhkan survei kepuasan untuk memperoleh informasi mengenai kepuasan yang dirasakan pasiennya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di Puskesmas Tuntang, Kabupaten semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian sebanyak 2000 responden. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner evaluasi kepuasan pasien. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan analisis index. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan pasien di Puskesmas Tuntang memiliki kepuasan kategori sedang dari dimensi kehandalan sebesar 71%, kategori tinggi dari dimesi daya tanggap sebesar 67%, kategori tinggi dari dimensi jaminan sebesar 73%, kategori tinggi dari dimensi empati 62%, dan kategori tinggi dari dimensi bukti fisik sebesar 57%. Kesimpulan : Sebagian besar pasien di Puskesmas Tuntang memiliki kepuasan pelayanan kefarmasian yaitu sebesar 62 orang (62%). 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo