DETAIL DOCUMENT
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN UMUM RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDAN ARANG BOYOLALI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
YULIA PRASTIKA, SHINTA
Yuswantina, Richa
Dyahariesti, Niken
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2020-04-28 02:36:53 
Abstract :
Kualitas jasa pelayanan merupakan bagian penting yang perlu mendapat perhatian dari pihak manajemen rumah sakit untuk peningkatan kualitas apotek rumah sakit, oleh karena itu, dengan adanya kualitas pelayanan yang baik maka kepuasan pasien dapat terpenuhi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental berupa penelitian analisis kuantitatif dengan instrument penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Pengambilan data dilakukan secara accidental sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner setelah itu data hasil penyebaran kuisoner diinput dan dihitung dengan menggunakan metode Service Quality untuk mencari hasil dari analisis kepuasan pelanggan kemudian dipetakkan dalam diagram kartesius. Hasil : Berdasarkan analisis data diperoleh nilai GAP tertinggi pada dimensi kehandalan 1,53 dan nilai GAP terendah pada dimensi bukti fisik 1,19. Rata-rata harapan kepuasan 2,74, nilai rata-rata kenyataan kepuasan 4,09, dan nilai rata-rata GAP 1,35. Dari 35 pernyataan ada 17 dikuadran II memenuhi kualitas pelayanan Apotek. Simpulan : Kualitas pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali kepada pasien dikategorikan puas. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo