Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
ANGRAINI, MELINDA RIZKY TIARA
Retno Karminingtyas, Sikni
Roni, Abdul
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-21 03:31:27
Abstract :
Latar Belakang : Pelayanan kefarmasian dan pengobatan Diabetes Mellitus yang
tidak dikelola dengan baik dapat memicu berbagai komplikasi yang dapat
merubah segala persepsi kualitas hidup dari pasien. Untuk melihat mutu
pelayanan yang diberikan, dapat dilakukan dengan mensurvei kepuasan pasien.
Tujuan : Mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian bagi
pasien Diabetes Mellitus tipe 2 anggota prolanis dilihat dari dimensi kehandalan,
daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik.
Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, dengan rancangan Cross
Sectional. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan
sampel sebanyak 75 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner
kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis indeks.
Hasil : Perhitungan nilai indeks kepuasan secara keseluruhan menunjukkan bahwa
tingkat kepuasan terhadap pelayanan prolanis Di Puskesmas Bringin termasuk
dalam kategori tinggi yakni dengan persentase 82,8%. berdasarkan masingmasing dimensi kehandalan sebesar 71,3%, dimensi daya tanggap sebesar 88,6%,
dimensi jaminan sebesar 81,2%, dimensi empati sebesar 79,4%, dan bukti fisik
89,9%.
Simpulan : Berdasarkan penelitian tentang analisis kepuasan terhadap pelayanan
kefarmasian prolanis di Puskesmas Bringin? dapat disimpulkan bahwa kepuasan
pasien di Puskemas Bringin secara keseluruhan termasuk kategori tinggi yaitu
sebesar 82,8%,
Kata Kunci : Diabetes Melitus tipe 2, Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian
Program Pengelolaan Penyakit Kronis