Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Yuliana Mardani, Baiq
Yuswantina, Richa
Wahyudi, Andrey
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-22 01:46:20
Abstract :
Latar belakang: Pelayanan informasi obat yang tidak tepat dari pusat informasi
obat dapat berkontribusi pada hasil pasien yang buruk dalam hal kesehatan karena
penyediaan informasi obat yang bias dan terbatas. Untuk menjaga konsistensi
dalam layanan yang disediakan dan untuk berfungsinya pusat layanan, penting
untuk mengevaluasi kualitas pelayanan informasi obat di Rumah Sakit.
Tujuan: Untuk mengetahui kualitas Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Rumah
Sakit yang dilakukan melalui analisis berbagai hasil penelitian terkait.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Meta-
analisis, yaitu melakukan analisis terhadap hasil-hasil penelitian yang sejenis.
Hasil: Pelayanan informasi obat di rumah sakit dinilai ?sangat baik? seperti pada
artikel pertama 54,91%, ketiga 59,6% dan keempat 77,4%. Sedangkan pada
artikel kedua dinilai ?baik?. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada artikel
pertama tentang dosis dan administrasi 36,03%. Pada artikel kedua terkait dengan
obat diikuti oleh penyakit 23%. Pada artikel ketiga 73 (35,0%) tentang informasi
terbaru mengenai obat. Pada artikel keempat tentang reaksi obat yang merugikan
(35,9%). Sedangkan pada artikel kelima terkait dengan pencarian dosis dan
administrasi (22 kali). Mayoritas yang paling banyak mengajukan pertanyaan,
pada artikel pertama, ketiga dan kelima, adalah Dokter. Pada artikel kedua dan
keempat adalah perawat dan peserta magang.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan informasi obat secara umum tiga artikel dinilai
?sangat baik?. Pada artikel pertama dan kelima sebagian besar pertanyaan tentang
dosis dan administrasi. Pada artikel kedua terkait dengan obat diikuti oleh
penyakit. Pada artikel ketiga tentang informasi terbaru mengenai obat. Pada
artikel keempat tentang reaksi obat yang merugikan. Mayoritas yang paling
banyak mengajukan pertanyaan, tiga artikel diantaranya adalah Dokter.
Kata kunci: PIO, Kualitas Pelayanan, Meta-analisis.