Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
YULIA PUTRA, DELLA
Retno Karminingtyas, Sikni
Pujiastuti, Anasthasia
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-22 03:12:51
Abstract :
Latar Belakang : Pelayanan kesehatan bermutu tinggi dimulai dengan standar
etika yang tinggi. Tingkat kepuasan konsumen atas suatu pelayanan dapat diukur
dengan membandingkan antara harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan
yang diinginkan dengan kenyataan yang diterimanya atau dirasakan. Kepuasan
yang terkait dengan mutu pelayanan adalah segala yang dipersepsikan oleh pasien
sebagai mutu. Mutu merupakan kondisi yang berhubungan dengan produk, jasa,
manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Kualitas
pada pelayanan yang baik serta kepuasan pelanggan menjadi salah satu indikator
keberhasilan pada pelayanan kesehatan.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar tingkat
kepuasan responden di beberapa apotek terhadap pelayanan kefarmasian.
Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode
pendekatan meta analisis. Dengan pengambilan data yang menggabungkan dua atau
lebih penelitian sejenis, dan menyimpulkan dari artikel-artikel yang digabungkan,
agar dapat memperoleh data secara kuantitatif, artikel yang digunakan pada
penelitian ini sebanyak empat artikel nasional terakreditasi di Indonesia dan dua
artikel internasional
Hasil : Hasil review dari enam artikel menunjukan bahwa responden dibeberapa
apotek puas terhadap pelayanan kefarmasian dalam dimensi jaminan (Assurance)
dan bukti nyata (Tangiable). Sedangkan pada dimensi empaty (Emphaty), daya
tanggap (Responsiviness), dimensi kehandalan (Reliability) kurang puas terhadap
pelayanan kefarmasian.
Kesimpulan : Dimensi jaminan (Assurance) dan bukti nyata (Tangiable) memiliki
tingkat kepuasan paling tinggi dan dimensi empaty (Emphaty), daya tanggap
(Responsiviness), dimensi kehandalan (Reliability) memiliki tingkat kepuasan
rendah sehingga perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Apotek
Kepustakaan : 20 ( 2009-2017 )