Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
SETYOWATI, DIAH AYU
Karminingtyas, Sikni Retno
Sunnah, Istianatus
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-22 03:30:49
Abstract :
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan
bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan
maksud untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Penilaian terhadap mutu
pelayanan kefarmasian dapat dilakukan berdasarkan kepuasan pasien di IFRS.
Kepuasan pasien diukur dengan 5 dimensi yaitu kehandalan, ketanggapan,
jaminan, empati, dan bukti fisik.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit direview dari beberapa artikel.
Metode: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan meta-
anlisis. Meta-analisis merupakan suatu metode penelitian untuk pengambilan
simpulan yang menggabungkan dua atau lebih penelitian sejenis sehingga
diperoleh paduan data secara kuantitatif tanpa melakukan manipulasi
eksperimental.
Hasil: Hasil dimensi kepuasan dari kelima artikel berturut-turut mulai dimensi
kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik yaitu, artikel pertama -
0,44, -0,59, -0,47, -0,49, -0,45, artikel kedua -0,85, -0,54, -0,73, -0,67, -0,59,
artikel ketiga -0,17, -0,27, -0,73, -0,67, -0,59, artikel keempat -1,84, -0,76, -0,7, -
0,77, -0,53, dan artikel kelima 88,22%, 88,83%, 86,73%, 87,63%, 88,45%.
Simpulan : Dimensi yang memperoleh nilai tertinggi terhadap kepuasan pasien
yaitu dimensi kehandalan (reliability) dan dimensi ketanggapan (responsiveness),
sedangkan dimensi yang memperoleh tingkat kepuasan rendah dan perlu
dilakukan peningkatan kualitas yaitu dimensi keyakinan, empati dan bukti fisik.