DETAIL DOCUMENT
KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
YUNIHASTUTI, DIAH AYU
Dyahariesti, Niken
Sunnah, Istianatus
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2020-09-22 04:23:46 
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan dirumah sakit. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur menggunakan lima artikel refrensi nasional maupun internasional yang berkaitan dengan judul dan permasalahan yang akan diteliti kemudian merangkum semua hasil dalam artikel dalam satu kesimpulan. Hasil: Hasil penelitian kajian tingkat kepuasan pasien berdasarkan kelima artikel yang digunakan sebagai refrensi di beberapa Instalasi Farmasi Rumah Sakit yang menggunakan lima dimensi sebagai tolak ukur kepuasan pasien, menunjukan bahwa dimensi yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi adalah dimensi bukti fisik dan jaminan, untuk dimensi daya tanggap dan kehandalan memiliki tingkat kepuasan yang rendah, artinya pasien kurang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh dimensi tersebut. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dirumah sakit pada kelima dimensi yang memiliki tingkat kepuasan paling tinggi terdapat pada dimensi bukti fisik dan jaminan ini menunjukan bahwa pasien telah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo