Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
YUNIHASTUTI, DIAH AYU
Dyahariesti, Niken
Sunnah, Istianatus
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-22 04:23:46
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan
kesehatan yang diterima oleh pasien. Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada
tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada
diri setiap pasien. makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu
pelayanan kesehatan.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan dirumah sakit.
Metode : Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur menggunakan
lima artikel refrensi nasional maupun internasional yang berkaitan dengan judul
dan permasalahan yang akan diteliti kemudian merangkum semua hasil dalam
artikel dalam satu kesimpulan.
Hasil: Hasil penelitian kajian tingkat kepuasan pasien berdasarkan kelima artikel
yang digunakan sebagai refrensi di beberapa Instalasi Farmasi Rumah Sakit yang
menggunakan lima dimensi sebagai tolak ukur kepuasan pasien, menunjukan
bahwa dimensi yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi adalah dimensi bukti
fisik dan jaminan, untuk dimensi daya tanggap dan kehandalan memiliki tingkat
kepuasan yang rendah, artinya pasien kurang merasa puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh dimensi tersebut.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dirumah
sakit pada kelima dimensi yang memiliki tingkat kepuasan paling tinggi terdapat
pada dimensi bukti fisik dan jaminan ini menunjukan bahwa pasien telah merasa
puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi Rawat Jalan di
Rumah Sakit.