DETAIL DOCUMENT
EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI PUSKESMAS PASUNGKAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Efendi, Efendi
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-11-06 01:57:13 
Abstract :
Latar belakang : Salah satu bagian dari pelayanan kefarmasian adalah pelayanan resep. Pelayanan resep adalah pelayanan yang diterima pasien mulai dari pasien menyerahkan resep sampai pasien menerima obat di apotek. Kualitas pelayanan resep salah satunya dinilai berdasarkan pada kebutuhan dan tuntutan pengguna jasa yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep dan gambaran waktu tunggu pelayanan resep di Puskesmas Pasungkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan Metode : Desain penelitian yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah penelitian cross sectional dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan resep di Apotek Puskesmas Pasungkan pada periode pengumpulan data. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode consecutive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner kepuasan terhadap pelayanan resep dan lembar pencatatan waktu tunggu resep. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep secara umum masuk dalam kategori sangat puas. Kategori untuk dimensi fasilitas berwujud adalah sangat puas, ketanggapan adalah sangat puas, kehandalan adalah sangat puas, keyakinan adalah puas, dan empati adalah sangat puas. Waktu tunggu pelayanan resep racikan adalah 6,89 menit dan resep non racikan adalah 4,42 menit. Simpulan : Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Puskesmas Pasungkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan termasuk dalam kategori sangat puas dan waktu tunggu pelayanan resep memenuhi standar waktu tunggu pelayanan resep. Kata kunci: pelayanan resep, tingkat kepuasan, waktu tunggu, Puskesmas. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo