Abstract :
Latar belakang : Salah satu bagian dari pelayanan kefarmasian adalah pelayanan
resep. Pelayanan resep adalah pelayanan yang diterima pasien mulai dari pasien
menyerahkan resep sampai pasien menerima obat di apotek. Kualitas pelayanan
resep salah satunya dinilai berdasarkan pada kebutuhan dan tuntutan pengguna jasa
yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep dan gambaran
waktu tunggu pelayanan resep di Puskesmas Pasungkan Kabupaten Hulu Sungai
Selatan Provinsi Kalimantan Selatan
Metode : Desain penelitian yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah
penelitian cross sectional dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian
ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan resep di Apotek Puskesmas
Pasungkan pada periode pengumpulan data. Pemilihan subjek penelitian
menggunakan metode consecutive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan kuesioner kepuasan terhadap pelayanan resep dan lembar pencatatan
waktu tunggu resep.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan resep secara umum masuk dalam kategori sangat puas. Kategori untuk
dimensi fasilitas berwujud adalah sangat puas, ketanggapan adalah sangat puas,
kehandalan adalah sangat puas, keyakinan adalah puas, dan empati adalah sangat
puas. Waktu tunggu pelayanan resep racikan adalah 6,89 menit dan resep non
racikan adalah 4,42 menit.
Simpulan : Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Puskesmas
Pasungkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan termasuk
dalam kategori sangat puas dan waktu tunggu pelayanan resep memenuhi standar
waktu tunggu pelayanan resep.
Kata kunci: pelayanan resep, tingkat kepuasan, waktu tunggu, Puskesmas.