DETAIL DOCUMENT
PENGARUH EDUKASI CBI (CARA BELAJAR INSAN AKTIF) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA SWAMEDIKASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
NATASIA, GABRILE
Dyahariesti, Niken
Yuswantina, Richa
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2020-10-08 06:12:39 
Abstract :
Metode CBIA (Cara Belajar Insan Aktif) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar lebih terampil memilih obat pada swamedikasi, sehingga terbentuk kemampuan untuk menggali sumber informasi dan meningkatkan kebiasaan berpikir secara kreatif dan kritis agar mampu memecahkan masalah yang didasarkan pada proses belajar mandiri. Review artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi CBIA (Cara Belajar Insan Aktif) terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga tentang penggunaan obat untuk swamedikasi. Metode : Jenis penelitian ini berupa review artikel dengan pendekatan meta analisis yang menggunakan 1 artikel internasional dan 4 artikel nasional terakreditasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan instrumen penelitian berupa kuesioner (pretest dan posttest) dan edukasi (metode CBIA), serta dianalisis menggunakan SPSS. Hasil : Berdasarkan dari hasil yang diperoleh terjadi peningkatan terhadap pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga tentang penggunaan obat dalam swamedikasi setelah edukasi menggunakan metode CBIA. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode CBIA terbukti efektif pada semua hasil yang diperoleh di artikel tersebut. Simpulan : Berdasarkan review artikel ini, maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah dari kelima artikel yang digunakan memberikan hasil berupa terjadinya peningkatan pada pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan obat dalam swamedikasi setelah dilakukan intervensi CBIA (Cara Belajar Insan Aktif), sehingga metode ini terbukti efektif pada semua hasil yang diperoleh. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo