Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Aufa, Hisabil
Sunnah, Istianatus
Kumala Hati, Anita
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2020-09-30 02:36:56
Abstract :
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan yang
dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan
rata-rata serta pelayanannya sudah sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan
yang telah ditetapkan. Kepuasan adalah perasaan suatu perasaan puas yang timbul
setelah mengkonsumsi suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang
diberikan di rumah sakit.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode meta-analisis menggunakan lima
artikel referensi nasional maupun internasional yang berkaitan dengan judul dan
permasalahan yang akan diteliti.
Hasil: Berdasarkan parameter yang digunakan (assurance, tangible,
responsiveness, reliability dan empathy) terhadap kepuasan pasien di Instalasi
Farmasi Rumah Sakit didapatkan hasil bahwa parameter assurance (jaminan)
sangat berpengaruh terhadap kepuasan yang didapatkan oleh pasien, disusul
parameter responsiveness (tanggap), reliability (kehandalan), tangible (tampilan)
dan empathy (empati). Adanya perbedaan dalam kepuasan yang didapat pada
masing-masing rumah sakit dipengaruhi oleh berbedanya standar operasional
pelayanan yang mereka tetapkan.
Kesimpulan: kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan di
rumah sakit dipengaruhi oleh assurance (jaminan), responsiveness (tanggap),
reliability (kehandalan), tangible (tampilan), dan empathy (empati).
Kata Kunci: Kepuasan pasien, Instalasi Farmasi, Rumah sakit