DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Aufa, Hisabil
Sunnah, Istianatus
Kumala Hati, Anita
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2020-09-30 02:36:56 
Abstract :
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata serta pelayanannya sudah sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Kepuasan adalah perasaan suatu perasaan puas yang timbul setelah mengkonsumsi suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan di rumah sakit. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode meta-analisis menggunakan lima artikel referensi nasional maupun internasional yang berkaitan dengan judul dan permasalahan yang akan diteliti. Hasil: Berdasarkan parameter yang digunakan (assurance, tangible, responsiveness, reliability dan empathy) terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit didapatkan hasil bahwa parameter assurance (jaminan) sangat berpengaruh terhadap kepuasan yang didapatkan oleh pasien, disusul parameter responsiveness (tanggap), reliability (kehandalan), tangible (tampilan) dan empathy (empati). Adanya perbedaan dalam kepuasan yang didapat pada masing-masing rumah sakit dipengaruhi oleh berbedanya standar operasional pelayanan yang mereka tetapkan. Kesimpulan: kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan di rumah sakit dipengaruhi oleh assurance (jaminan), responsiveness (tanggap), reliability (kehandalan), tangible (tampilan), dan empathy (empati). Kata Kunci: Kepuasan pasien, Instalasi Farmasi, Rumah sakit 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo