DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN LEAN PADA PELAYANAN FARMASI RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
Dwi Utari, Kurnia
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-11-06 01:42:51 
Abstract :
Latar Belakang:Masalah dalam mutu pelayanan farmasi Rumah Sakit menyebabkan kepuasan pasien tidak terpenuhi. Lean merupakan strategi yang berfokus dalam menghilangkan ketidakefisienan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi waste, menganalisis akar penyebab waste, dan memberikan usulan perbaikan dalam mengurangi atau mengeliminasi waste yang terjadi dalam proses pelayanan farmasi Rumah Sakit. Metode:Pada review artikel ini menggunakan pendekatan Meta Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil:Dari hasil review artikel 1-5 menghasilkan lead time rata-rata > 15 menit dan teridentifikasi waste defect, waste overproduction, waste transportation, waste waiting, waste inventory, waste motion, waste overprocessing, dan waste human potensial menggunakan value stream mapping. Untuk root cause analysis dari waste diidentifikasi menggunakan fishbone diagram dan 5S dengan hasil berupa fasilitas kurang memadai, visual management belum optimal dan ketidakseimbangan pelayanan farmasi. Usulan perbaikan, diantaranya pengadaan fasilitas, optimalisasi visual management, pengadaan dan perbaikan SPO. Simulasi dan Implementasi usulan perbaikan menunjukan adanya penurunan lead time / cycle time. Kesimpulan:Waste yang sering ditemukan pada pelayanan farmasi Rumah Sakit adalah waste waiting dan waste motion. Akar penyebab waste sebagian besar disebabkan fasilitas kurang memadai, visual management belum optimal danketidakseimbangan pelayanan farmasi. Usulan perbaikan dengan pengadaan fasilitas, optimalisasi visual management, pengadaan dan perbaikan SPO Kata kunci: Lean, Pelayanan Farmasi, Rumah Sakit, Waste. 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo