Abstract :
Latar Belakang:Masalah dalam mutu pelayanan farmasi Rumah Sakit
menyebabkan kepuasan pasien tidak terpenuhi. Lean merupakan strategi yang
berfokus dalam menghilangkan ketidakefisienan. Tujuan penelitian ini adalah
mengidentifikasi waste, menganalisis akar penyebab waste, dan memberikan
usulan perbaikan dalam mengurangi atau mengeliminasi waste yang terjadi dalam
proses pelayanan farmasi Rumah Sakit.
Metode:Pada review artikel ini menggunakan pendekatan Meta Analisis data
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil:Dari hasil review artikel 1-5 menghasilkan lead time rata-rata > 15 menit
dan teridentifikasi waste defect, waste overproduction, waste transportation,
waste waiting, waste inventory, waste motion, waste overprocessing, dan waste
human potensial menggunakan value stream mapping. Untuk root cause analysis
dari waste diidentifikasi menggunakan fishbone diagram dan 5S dengan hasil
berupa fasilitas kurang memadai, visual management belum optimal dan
ketidakseimbangan pelayanan farmasi. Usulan perbaikan, diantaranya pengadaan
fasilitas, optimalisasi visual management, pengadaan dan perbaikan SPO.
Simulasi dan Implementasi usulan perbaikan menunjukan adanya penurunan lead
time / cycle time. Kesimpulan:Waste yang sering ditemukan pada pelayanan farmasi Rumah Sakit adalah waste waiting dan waste motion. Akar penyebab waste sebagian besar disebabkan fasilitas kurang memadai, visual management belum optimal danketidakseimbangan pelayanan farmasi. Usulan perbaikan dengan pengadaan
fasilitas, optimalisasi visual management, pengadaan dan perbaikan SPO
Kata kunci: Lean, Pelayanan Farmasi, Rumah Sakit, Waste.