Abstract :
Rumah sakit mempunyai berbagai macam jenis pelayanan
kesehatan yang dapat diunggulkan untuk mempertahankan loyalitas pasien. Salah satu jenis pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit yaitu pelayanan rawat
jalan, kepuasan pasien adalah perasaan senang dan kecewa pasien sebagai hasil perbandingan antara prestasi yang dirasakan dengan harapan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
kefarmasian yang ditinjau dari dimensi tampilan fisik, keandalan, daya tanggap,
jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit
Metode : Penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur. Data yang
digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh dari artikel hasil penelitian
Hasil : Artikel pertama menunjukan kepuasan pasien yang signifikan yakni pada
kehandalan (realibility) dengan nilai 0,833 dan jaminan (assurance) dengan nilai
0,765, lalu pada artikel kedua menunjukan kepuasan pasien paling tertinggi yakni
pada kehandalan (realibility) dengan nilai 91,8%, artikel ketiga menunjukan
kepuasan pasien paling tertinggi yakni pada bukti fisik (tangible) dengan nilai
88%, artikel keempat menunjukan kepuasan pasien paling tertinggi yakni pada
empati (emphaty) dengan nilai 93%, dan artikel kelima menunjukan kepuasan
pasien paling tertinggi yakni pada jaminan (assurance) dan daya tanggap
(responsiveness) dengan nilai 2,9
Kesimpulan : 5 dimensi diantaranya tampilan fisik, keandalan, daya tanggap,
jaminan dan empati sangat berpengaruh terhadap kriteria peniliain pasien rawat
jalan di rumah sakit