DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ngudi Waluyo
Author
EkoHadmojo, Pandu
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-11-06 02:04:27 
Abstract :
Rumah sakit mempunyai berbagai macam jenis pelayanan kesehatan yang dapat diunggulkan untuk mempertahankan loyalitas pasien. Salah satu jenis pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit yaitu pelayanan rawat jalan, kepuasan pasien adalah perasaan senang dan kecewa pasien sebagai hasil perbandingan antara prestasi yang dirasakan dengan harapan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian yang ditinjau dari dimensi tampilan fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Metode : Penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur. Data yang digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh dari artikel hasil penelitian Hasil : Artikel pertama menunjukan kepuasan pasien yang signifikan yakni pada kehandalan (realibility) dengan nilai 0,833 dan jaminan (assurance) dengan nilai 0,765, lalu pada artikel kedua menunjukan kepuasan pasien paling tertinggi yakni pada kehandalan (realibility) dengan nilai 91,8%, artikel ketiga menunjukan kepuasan pasien paling tertinggi yakni pada bukti fisik (tangible) dengan nilai 88%, artikel keempat menunjukan kepuasan pasien paling tertinggi yakni pada empati (emphaty) dengan nilai 93%, dan artikel kelima menunjukan kepuasan pasien paling tertinggi yakni pada jaminan (assurance) dan daya tanggap (responsiveness) dengan nilai 2,9 Kesimpulan : 5 dimensi diantaranya tampilan fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sangat berpengaruh terhadap kriteria peniliain pasien rawat jalan di rumah sakit 
Institution Info

Universitas Ngudi Waluyo