DETAIL DOCUMENT
Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas Iv - V Di Sd Islam Surya Buana Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
Malo, NCE
Maemunah, N
Trishinta, SM
Subject
Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring 
Datestamp
2022-05-19 07:21:56 
Abstract :
Adanya suatu sistem belajar daring pada masa pandemic covid ? 19 ini murid sering terlambat untuk mengakses materi, suara guru dan materi yang disampaikan tidak seiringan, murid sulit berkonsentrasi dengan suatu jagnka waktu lama dengan pembelajaran yang monoton, kurang interaksi antara murid dan guru. untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan kejenuhan belajar pada siswa di SD Islam Surya Buana Malang meruapakn tujuan dari penelitian ini. korelasi cross sectiona merupakan desan dalam penelitian ini. Siswa kelas 4 dan 5 meruapak populasi didalam penelitian ini, dengan umur 8 -12 orang sekitar 190 orang dan simple random sampling tehnik penentuan sampel, sekitar 129 sampel yang digunakan. Alat ukur yang digunakan yaitu keusioner. analisis Fisher's Exact Test adalah jenis analisis yang digunakan. Jadi didapatkan bukti dari 82 responden (63,6%) yang memiliki pembelajaran online kategori cukup+kurang dan sebagian besar responden mengalami kejenuhan belajar kategori cukup + kurang (50,4%). Dan hasil analisis Fisher's Exact Test didapatkan bahwa ada hubungan pembelajaran online dengan kejenuhan belajar pada anak di SD Islam Surya Buana Malang nilai p value = (0,041). Peneliti selanjutnya di harapkan dapat menggali faktor yang tidak diteliti seperti lama belajar, jumlah tugas yang didapatkan serta bantuan dari pihak sekolah dalam menunjang proses pembelajaran secara daring. 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi