DETAIL DOCUMENT
Efektivitas dan Efesiensi Whatsapp dalam Pemasaran Stroberi pada Situasi Pandemi Covid-19. Studi Kasus di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
Yare, Yuston
Nurhananto, DA
Dyanasari, D
Subject
Efektivitas, Efisiensi, WhatsApp, Pemasaran Strawberry 
Datestamp
2022-05-19 07:24:27 
Abstract :
Perkembangan media pada zaman ini adalah satu bentuk nyata dan zaman modernisasi dan transparansi informasi. Wujud kemajuan bentuk teknologi pada zaman ini yaitu smartphone yang sangat terkenal serta ramai digunakan. Smartphone dipenuhi dengan berbagai aplikasi terbaru yang diwujudkan agar mempermudah berbagi komunikasi dan informasi. Aplikasi terpopuler yang ditemukan dalam smartphone adalah whatsApp. WhatsApp ialah software pesan yang berfungsi guna mengirimkan maupun menerima pesan secara gratis tanpa diberi biaya SMS, perihal tersebut terjadi karena paket data internet yang berlaku bagi web, email, bisa pula digunakan oleh pemakai WhatsApp. Stroberi adalah satu di antara hasil bumi buah-buahan yang bermanfaat, khususnya bagi sejumlah negara yang memiliki iklim subtropis. Permintaan dunia atas stroberi cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan serta teknologi yang makin maju, saat ini stroberi ineinperoleh perhatian perkembangannya pada wilayah yang mempunyai iklim tropis. Meskipun stroberi bukanlah tanaman asli Indonesia, akan tetapi kemajuan basil bumi tersebut bisa digolongkan selaku satu di antara sumber penghasilan pada bidang pertanian (Senewe et ai.,2017:146). Bentuk wujud adanya pandemi Covid-19 adalah produsen atau pelaku bisnis yang mengalami kesulitan guna melakukan pemasaran basil produksinya, terlebih lagi dikarenakan pemerintah yang melakukan penetapan social distancing serta PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna melakukan penekanan terhadap angka pertumbuhan kasus positif hal ini sangat merugikan para produsen untuk langsung memasarkan hasil produksinya kepada para pengecer, pengumpul maupun konsumen serta pelanggan. Berdasarkan kejadian yang berlangsung di Indonesia pada sekarang ini karena Covid-19, maka peneliti berkeinginan guna mengetahui keberhasilan pemakaian media komunikasi WhatsApp yang efektif maupun efisien dalam pemasaran stroberi dalam situasi Covid-19 di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Rumusan permasalahan pada penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui bagaimana keberhasilan Penggunaan Media Komunikasi WhatsApp yang efektif serta efisien dalam Pemasaran stroberi pada situasi covid-19 di Desa Pandanrejo Kec. Bumiaji Kota Batu. Metode penelitian memakai metode kualitatif untuk memperoleh data deskriptif, penelitian ini untuk sumber data, menggunakan data primer melalui teknik wawancara. Instrumen penelitian terdiri atas kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan basil penelitian yang dilakukan maka terdapat keberhasilan efektivitas dan efisiensi WhatsApp dalam pemasaran stroberi pada masa pandemic Covid -19. 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi