DETAIL DOCUMENT
Pemasaran Sawi di Dusun Sebaluh Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kota Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
(LECTURER ID : 0718027704)
(LECTURER ID : 0708028101)
Suryadi, S (STUDENT ID : 2015310041)
Subject
Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran dan Farmer?s Share 
Datestamp
2023-01-10 03:41:54 
Abstract :
Tanaman sawi yang berada di Dusun Sebaluh tidak hanya dipasarkan di wilayahnya, melainkan juga dipasarkan keluar Kecamatan dan pasar besar bahkan keluar Kota Batu dan Kabupaten Malang, sehingga banyak lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat didalamnya yang mengakibatkan terjadinya perbedaan harga, margin dan farmer?s share. Petani perlu melibatkan beberapa lembaga pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan efektif untuk memiliki pilihan untuk menyampaikan item dengan cepat dan benar-benar. Diantara tanda hasil dari mempromosikan suatu produk ialah kerangka kerja pameran yang berhasil dan berhasil. Sebuah sistem periklanan yang kuat dan profesional harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan produk dengan biaya yang paling rendah, tingkat biaya yang masuk akal, manfaat yang memadai dan dapat dijalankan dengan tepat. Pemeriksaan ini dilakukan cukup lama mulai Mei 2021 hingga Juli 2021 di Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu. Studi ini berencana untuk memecah saluran promosi dan memutuskan tepi iklan. Eksplorasi ini diarahkan di Dusun Sebaluh, desa Pandesari, kecamatan Pujon Kota Batu dengan menggunakan metode sensus dengan sampel 33 responden serta menggunakan snawball sampling dalam lembaga pemasarannya. Penelitian ini ada tiga saluran pemasaran untuk lebih spesifik, saluran promosi utama, petani slasher-retailer-pembeli, saluran periklanan berikutnya ialah petani slasher-merchant besar-konsumen, dan saluran pemasaran ketiga petani-penebas-pedagang besar-pengecer-konsumen. Hasil dari penelitian margin pemasaran saluran I ialah 4.100 dengan farmer?s share 51,2%, sedangkan hasil penelitian margin saluran pemasaran II ialah 3.700 dengan farmer?s share 53,7% dan untuk hasil penelitian margin saluran pemasaran III ialah 5.500 dengan farmer?s share 43,8%. Biaya yang diperoleh pembeli terakhir di saluran promosi I ialah 8.400/kg, sedangkan biaya yang diperoleh pembeli terakhir di saluran etalase berikutnya ialah 8.000/kg, dan biaya yang diperoleh pelanggan terakhir di saluran iklan ketiga. ialah 9.800. berdasarkan hasil dari tiga saluran pemasaran yang berada di Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu maka yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran II. 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi