DETAIL DOCUMENT
Penerapan Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMADE) Dalam Meningkatkan Pelayanan di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
Tobi, Maria Helena
Hardianto, W.T.
Adhitama, M. Okto
Subject
Sistem Informasi Manajemen Desa, Peningkatan pelayanan 
Datestamp
2021-03-09 14:03:35 
Abstract :
Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Batu adalah salah satu Kantor yang terus menyusun perkembangan manajemen pelayanan yang berkualitas dan berorientasi publik yaitu dengan menerapkan aplikasi SIMADE. Sistem Informasi manajemen Desa (SIMADE) adalah suatu sistem informasi yang dapat terhubungkan sebagian besar administrasi yang ada di Instansi Kecamatan Junrejo Kota Batu mulai dari data keluarga, daftar nama kepemilikan, pembuatan surat-menyurat, pelaporan kependudukan bulanan, pencatatan dan pembuatan kartu-kartu bagi kependudukan baru maupun kependudukan pendatang yang tidak menetap, dan lain sebagainya dengan cepat dan teliti, sehingga Sistem Informasi Manajemenen Desa dapat dijadikan sebagai satu solusi dalam mengerjakan kegiatan kepengurusan di Kantor Kecamatan Kota Batu. Akses sistem ini terintegrasi lansung dengan desa/ Kelurahan serta Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu. Seiring program ini berjalan Desa Pendem menerapakan aplikasi SIMADE dalam membantu masyarakat untuk melakukan perbaikan sistem. Salah satunya dengan mengajukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispenduk) Kota Batu bakal menggunakan NIK seperti keyword untuk masuk bagian administrasi kependudukan. Dengan adnya inovasi layanan yang diadakan oleh pemerintah, diperlukan upaya membenahi program aplikasi pelayanan publik dimana masalah ini sebagai salah satu rencana pemerintah terhadap masyarakat demi menghasilkan pelayanan utama untuk rakyat Desa Pendem. Penelitian ini bertujuan agar memahami bagaimana Penerapan Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMADE) Dalam meningkatkan pelayanan di Desa Pendem kecamatan Junrejo Kota Batu dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat selama meluncurkan pelayanan melalui penerapan aplikasi SIMADE di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jenis Penelitian kualitatif, jenis dan Sumber Data diperoleh melalui data Primer dan Skunder.Teknik pengumpulan data yakni Wawancara, Observasi, serta Dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan penerapan SIMADE dalam meningkatkan pelayanan di Kantor Desa Pendem Kecamatan Junrejo kota Batu jika dilihat dan diukur dengan menggunakan 6 (enam) teori standar pelayanan publik sudah berjalan dengan baik dan sudah maksimal dalam meningkatkan pelayanan. Hal ini dilihat dari tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang disediakan oeh kantor Desa Pendem Kecamatan Junrejo kota Batu sudah memadai dan sistem pelayanan serta tingkat pendidikan dan keahlian setiap pegawai pelayanan sudah dikategorikan memenuhi kebutuhan dan tuntutan kerja dan menyalurkan jasa prima pada setiap masyarakat yang mendapatkan pelayanan. Namun dalam penerapan SIMADE ada faktor penghambat yang mempengarui pelayanan di Kantor Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu yaitu banyaknya icon-icon yang mempengaruhi kesusahan dalam mencari item-item yang diperlukan sehingga harus benar-benar teliti, server down juga akan mempengaruhi pelayanan dengan menggunakan SIMADE 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi