DETAIL DOCUMENT
Hubungan Tingkat Pendidikan dan Efikasi Diri Orang Tua Terhadap Keikutsertaan Anak dalam Program PAUD di RT.06 RW.06 PAUD Mawar Tlogomas Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
Palab, Nyongki F R
Ka'arayeno, AJ
Maemunah, N
Subject
Efikasi diri, Keikutsertaan anak dalam program PAUD, Orangtua, Tingkat Pendidikan 
Datestamp
2021-08-05 01:56:13 
Abstract :
Tahapan perkembangan Umur masa kecil adalah umur yang masih bergantung dengan orang tua yang masih membutuhkan belaian kasih sayang dan dibentuk intelek dari anak tersebut. Pemberian Ilmu pengetahuan terhadap anak berumur 4-6 tahun , seharusnya diberikan tanpa terkecuali pada seluruh lapisan masyarakat, sebab dalam pembentukan karakter anak dan pengetahuan anak harus butuh dukungan orang tua dan lingkungan. Pengamatan ini dilakukan agar dapat mengetahuai tingkat pendidikan dengan keyakinan diri serta keikut sertaan anak dalam program paud. Didalam pengamatan ini menggunakan metode Kuantitatif analisa chisquare,desain penelitian korelasi, jumlah populasi 6 0rang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 jadi didalam tehnik sampelnya dia gunakan tehnik Total sampling. setelah dilakukan pengamatan dan sudah diolah data maka didapatkan, diperoleh nilai p value variabel efikasi diri 0,040 < 0, tingkat pendidikan didapatkan angka p value 0,002 < 0,05 jadi sesuai dengan hasil yang diperoleh maka ada hubungan keikut sertaan anak dalam program paud dengan efikasi diri dan tingkat pengetahuan ayah dan ibu. Ayah dan ibu dari anak perlu memberikan dukungan orang tua terhadap keikutsertaan anak dalam program PAUD sehingga anak mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk masa depan anak. Penelitian selanjutnya dapat menganalisis mana yang paling mempengaruhi keikutsertaan anak dalam PAUD antara pengetahuan ayah dan ibu dengan efikasi diri 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi