DETAIL DOCUMENT
Hubungan Tindakan Bullying Dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying Di SDN 1 Sumberporong Kecamatan Lawang Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
Humba, Elsye Ana
Hastutiningtyas, WR
Maemunah, N
Subject
Tindakan Bullying, Anak Korban Bullying, dan Prestasi Belajar 
Datestamp
2021-08-05 01:57:02 
Abstract :
Bullying adalah kegiatan menyakiti secara terus-menerus kepada orang lain baik dilakukan secara individu atau kelompok. Bullying biasanya terjadi secara diam-diam dan diluar nalar pemantauan. Sehingga kejadiannya semakin tinggi yang dialami, maka akan membuat prestasi belajarnya akan semakin rendah, demikian juga apabila rendahnya bullying maka akan membuat prestasi belajarnya baik. Penelitian untuk mengetahui hubungan tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying di SDN 1 Sumberporong Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif. Populasinya adalah seluruh anak sekolah kelas 4-5 di SDN 1 Sumberporong sebanyak 46 orang. Desain yang digunakan studi cross sectional yang merupakan penelitian untuk mengetahui hubungan variabel independen (tindakan bullying) dengan variabel dependen (prestasi belajar anak korban bullying) pada saat yang bersamaan. Untuk analisis data dengan menggunakan komputer dan program SPSS For Windows 18 yaitu analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian dapat disimpulkan tindakan bullying paling tinggi yaitu tindakan bullying verbal (56,1%). Siswa yang memiliki prestasi belajar sebagian besar termasuk kategori baik. Terdapat hubungan tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying di SDN 1 Sumberporong Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dengan hasil nilai Pvalue 0,000. 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi