DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Loyalitas di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tribhuwana Tungga Dewi
Author
Duka, DM
Sutriningsih, A
Rosdiana, Y
Subject
Kepuasan Pasien Rawat Inap, Loyalitas, Puskesmas 
Datestamp
2022-02-15 04:43:34 
Abstract :
Kepuasan pasien rawat inap merupakan salah satu penentu loyalitas, jadi ketika pasien puas dengan suatu jasa puskesmas, maka pasien akan melakukan penggunaan layanan kesehatan di puskesmas tersebut apabila sakit. Tujuan penelitian mengetahui hubungan kepuasan pasien rawat inap dengan loyalitas terhadap Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain korelatif. Populasi 51 pasien rawat inap di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang dan sampel 45 responden. Yang sesuai dengan kriteria inklusi diantaranya bersedia menjadi responden, pasien rawat inap yang mendapatkan kualitas pelayanan dari perawat selama 3 x 24 jam atau pasien yang sudah boleh pulang, pasien dirawat di ruangan rawat inap berusia 17 - 45 tahun dan berkomunikasi dengan baik. Metode analisis data yang di gunakan yaitu uji Chi Square. Hasil penelitian membuktikan hampir setengah 19 (42,2%) responden merasakan kepuasan kategori tidak puas saat rawat inap dan hampir setengah 18 (40,0%) responden memiliki loyalitas kategori rendah. Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan kepuasan pasien rawat inap dengan loyalitas di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang didapatkan p value = (0,000) < (0,05). 

Institution Info

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi