DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Citra Merek, Celebrity Endorser, dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Beli Produk Perawatan dan Kecantikan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Fanni, Muhitia Swardi
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-03-10 07:00:08 
Abstract :
Kesuksesan penjualan suatu produk barang ataupun jasa tidak dapat dipisahkan dari strategi pemasaran yang dilakukan. Produk dengan pemasaran yang baik berkemungkinan besar untuk lebih mampu meningkatkan jumlah penjualan produk. Berdasarkan riset APJII tahun 2020, produk perawatan dan kecantikan merupakan produk yang paling banyak dibeli konsumen. Tingginya minat masyarakat pada produk ini menyebabkan semakin sulitnya persaingan diantara para pebisnis industri pengolahan produk perawatan dan kecantikan untuk menarik perhatian dan minat beli konsumen dari produk pesaing. Minat beli konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain citra merek, celebrity endorser, dan electronic word of mouth (EWOM). Akan tetapi, berdasarkan penelitian terdahulu terdapat perbedaan pendapat yang menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut memberi pengaruh atau tidaknya terhadap minat beli konsumen. Oleh karena itu,, perlu dilakukan penelitian untuk membantu para pebisnis agar mengetahui bagaimana pengaruh dari citra merek, celebrity endorser, dan EWOM terhadap minat beli konsumen pada produk perawatan dan kecantikan. Berdasarkan populasi penelitian didapatkan sampel sebanyak 94 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online. Metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) digunakan sebagai metode untuk pengolahan data yang dibantu dengan software SmartPLS 3.0. Berdasarkan pengolahan data, diketahui bahwa baik citra merek, celebrity endorser, maupun EWOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk perawatan dan kecantikan. Pada rentang pengaruh variabel eksogen terhadap endogen yaitu dari -1 hingga +1, citra merek mempengaruhi minat beli sebesar +0,225 atau 22,5%, celebrity endorser mempengaruhi sebesar +0,248 atau 24,8%, dan EWOM berpengaruh sebesar +0,461 atau 46,1%. Dengan demikian, dari ketiga variabel eksogen yang diteliti EWOM merupakan aspek atau faktor yang memberi pertimbangan paling besar yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan minat beli pada produk perawatan dan kecantikan. 
Institution Info

Universitas Andalas