Abstract :
Pada era dinamis dan kompetitif saat ini, di mana pelanggan memiliki peran kunci dalam menentukan keberhasilan perusahaan, penelitian mengenai kualitas pelayanan dan dampaknya terhadap tingkat kepuasan pelanggan menjadi semakin esensial. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. CV Karya Abangadek Perkasa merupakan salah satu perusahaan jasa digital printing yang berdiri di Kota Padang. Perusahaan ini menghadapi berbagai tantangan dalam menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, termasuk fluktuasi dalam jumlah pesanan, omset, dan pelanggan selama beberapa tahun terakhir.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan oleh CV Karya Abangadek Perkasa dan sejauh mana kualitas tersebut mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini akan mengidentifikasi elemen-elemen kunci yang membentuk kualitas pelayanan, seperti komunikasi yang efektif, respons yang cepat terhadap permintaan pelanggan, dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik. Analisis tingkat kualitas pelayanan dilakukan dengan metode service quality (servqual) dan metode importance performance analysis (IPA) sehingga menghasilkan rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan oleh CV Karya Abangadek Perkasa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan nilai gap antara persepsi yang dirasakan dengan harapan pelanggan secara keseluruhan yaitu -0,257. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan CV Karya Abangadek Perkasa belum mampu mencapai harapan pelanggan. Selain itu, dihasilkan 4 atribut yang menjadi prioritas perbaikan atau terletak pada kuadran I agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.