DETAIL DOCUMENT
Hubungan Tingkat Adiksi Game Online dengan Tingkat Agresivitas pada Siswa SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Honest, Vania Asari
Subject
RZ Other systems of medicine 
Datestamp
2022-01-20 07:42:29 
Abstract :
Perilaku agresif adalah tindakan non fisik atau fisik yang dimaksudkan untuk menimbulkan kerugian. Perilaku agresif yang diekspresikan oleh remaja merupakan masalah kesehatan masyarakat global. Hal ini mencakup berbagai tindakan mulai dari intimidasi dan perkelahian fisik, hingga serangan seksual dan fisik yang lebih parah hingga pembunuhan. Di Indonesia, 40% remaja mengalami bullying di sekolah, 32% melaporkan diserang secara fisik. Penelitian telah menunjukkan beberapa faktor pada seseorang yang dapat berkontribusi pada perilaku agresif, salah satunya adalah kecanduan game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki potensi kecanduan game serta hubungan antara kecanduan game online dan perilaku agresif. Studi cross sectional dilakukan dengan menggunakan Indonesia Online Game Addiction Questionnaire (IOGAQ) dan Buss-Perry Agression Questionnaire (BPAQ. Sampel terdiri dari 133 siswa SMPN 1 Lubuk Sikaping dengan teknik total sampling. Data menunjukkan bahwa 58,6% siswa memenuhi kriteria diagnostik kecanduan game online (kategori ringan hingga berat) dan 56,4% siswa memiliki tingkat agresi sedang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif (p-value = 0,000). 
Institution Info

Universitas Andalas