DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR WALI NAGARI PANTI TIMUR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
WENI, ARTITANTIA
Subject
JA Political science (General) 
Datestamp
2022-01-25 08:13:38 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih buruknya kualitas pelayanan publik di Indonesia, praktik maladministrasi marak dijumpai di pemerintahan mulai dari pemerintahan daerah hingga pemerintahan desa. Sehingga penilaian terhadap kualitas pelayanan publik perlu dilaksanakan, terutama di tingkat pemerintahan desa sebagai gerbang awal pelayanan publik kepada masyarakat. Pemerintahan Nagari Panti Timur memberikan layanan administrasi seperti Surat Keterangan Usaha (SKU). Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ditemukan banyak kekurangan, yakni minimnya informasi terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP), kedisiplinan pegawai yang masih rendah, pemanfaatan alat bantu komputer yang belum maksimal, dsb. Pemerintahan Nagari Panti Timur diharapkan mampu menyelnggarakan pelayanan yang efektif dan efisien demi tercapainya kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini teori yang dijadikan acuan adalah teori kualitas pelayanan publik oleh A.G. Subarsono dengan 3 variabel yang digunakan untuk pengukuran yaitu efisiensi, responsivitas, dan non-partisan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan wawancara dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode accidental sampling. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti melakukan triangulasi sumber data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Panti Timur terutama dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) sejauh ini belum terlaksana dengan baik. Ketiga variabel yakni efisien, responsif, dan non-partisan belum sepenuhnya tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukanbahwa tingkat disiplin Perangkat Nagari masih rendah dan sering datang terlambat, tidak adanya kejelasan informasi terkait Standar Pelayanan yang menimbulkan kebingungan pengguna layanan, serta kondisi kotak saran yang rusak sehingga menyulitkan proses penyampaian aduan masyarakat kepada Pemerintahan Nagari Panti Timur. 
Institution Info

Universitas Andalas