DETAIL DOCUMENT
Hubungan Penggunaan Gadget dengan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia Sekolah Kelas 4-6 DI SDN 02 Tarandam Kota Padang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
indah, sundari
Subject
RZ Other systems of medicine 
Datestamp
2022-01-28 03:58:48 
Abstract :
Latar Belakang Gadget merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Gadget memiliki dampak positif apabila dimanfaatkan dengan baik. Namun, apabila telah kecanduan gadget dapat memberikan dampak negatif salah satunya masalah konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah kelas 4-6 di SDN 02 Tarandam Kota Padang. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional pada anak kelas 4-6 di SDN 02 Tarandam Kota Padang dengan total sampel penelitian adalah 63 siswa. Pengumpulan data secara primer dilakukan pada bulan April-Oktober 2021 dengan metode stratified random sampling menggunakan kuesioner. Analisis univariat dan bivariat menggunakan chi square (p<0,05). Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar siswa dengan penggunaan gadget tinggi memiliki konsentrasi belajar yang rendah sebesar 63,5%. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan gadget dengan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah (p=0,001). Kesimpulan Terdapat hubungan antara penggunaan gadget yang tinggi dengan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah kelas 4-6 di SDN 02 Tarandam, Kota Padang. 
Institution Info

Universitas Andalas