Abstract :
Latar Belakang
Gadget merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang dapat memudahkan
aktivitas manusia. Gadget memiliki dampak positif apabila dimanfaatkan dengan baik.
Namun, apabila telah kecanduan gadget dapat memberikan dampak negatif salah
satunya masalah konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan
penggunaan gadget dengan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah kelas 4-6 di
SDN 02 Tarandam Kota Padang.
Metode
Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional pada anak kelas 4-6 di SDN 02
Tarandam Kota Padang dengan total sampel penelitian adalah 63 siswa. Pengumpulan
data secara primer dilakukan pada bulan April-Oktober 2021 dengan metode stratified
random sampling menggunakan kuesioner. Analisis univariat dan bivariat
menggunakan chi square (p<0,05).
Hasil
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar siswa dengan penggunaan gadget
tinggi memiliki konsentrasi belajar yang rendah sebesar 63,5%. Hal ini menunjukkan
adanya hubungan antara penggunaan gadget dengan konsentrasi belajar pada anak usia
sekolah (p=0,001).
Kesimpulan
Terdapat hubungan antara penggunaan gadget yang tinggi dengan konsentrasi belajar
pada anak usia sekolah kelas 4-6 di SDN 02 Tarandam, Kota Padang.