Abstract :
Hampir di setiap kota termasuk kota Padang terjadi ketidakseimbangan
antara tingkat pertumbuhan jalan dengan tingkat pertumbuhan kendaraan,
dimana pertumbuhan jalan jauh lebih kecil dari pada tingkat pertumbuhan
kendaraan. Akibat dari kondisi yang demikian, dapat dipastikan akan terjadi
penumpukan kendaraan yang berlebihan pada jalan, dan pada akhirnya
terjadi kemacetan lalu-lintas. kemacetan lalu lintas berdampak pada
terganggunya pengguna jalan, perjalanan menjadi membosankan,
pengendara menjadi kelelahan, waktu menjadi terbuang sia-sia. Penelitian
ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kecepatan rata-rata,
standar deviasi dan model distribusi pada ruas jalan perkotaan, dengan
demikian mendapatkan gambaran bagaimana kondisi kecepatan kendaraan
sekarang. Metode penelitian spot speed menggunakan alat Speed Gun dan
dengan menggunakan software Easyfit dapat dihitung kecepatan rata-rata,
standar deviasi dan model distribusi spot speed pada setiap tipe ruas jalan
di kota Padang yang mewakili type jalan sesuai dengan klasifikasi MKJI
1997 yakni tipe 2/I di jalan A.R.Hakim, tipe 2/2 UD di jalan
Diponegoro,tipe ruas jalan 3/I di jalan Pemuda, tipe 4/2 UD di jalan
Sudirman, dan tipe 4/2 D di jalan Khatib Sulaiman. Studi dilakukan pada
setiap kondisi volume lalu lintas untuk setiap tipe jalan. kemudian
didapatkan kecepatan rata- rata tertinggi Sepeda Motor puncak pagi, kecepatan rata- rata tertinggi Kendaraan Berat
Kata Kunci : Spot Speed, Speed Gun, Easyfit