Abstract :
Bus merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh
masyarakat Sumatra Barat terutama mahasiswa dan pelajar.
Mahasiswa yang semakin meningkat dan jarak tempuh yang jauh
membuat para instansi kampus memberikan suatu alat transportasi
kepada mahasiswa yaitu bus kampus. Banyaknya mahasiswa yang
menggunakan bus kampus mengakibatkan mahasiswa tersebut tidak
terlayani dengan baik. Bus kampus yang selalu ditunggu di Pasar Baru
keberangkatan sehingga memaksa mahasiswa untuk mencari angkutan
umum lainnya yang mengharuskan mahasiswa mengeluarkan uang
kembali mengartikan pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa
menjadi sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor –
faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap
pelayanan bus kampus dan mengetahui tingkat kepuasan penumpang
terhadap pelayanan bus kampus. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey yang melibatkan 200 responden pelanggan bus kampus
dengan memberikan kuesioner kepada pelanggan bus kampus, dari hasil
kuesioner data tersebut akan dilakukan pemetaan nilai antar kinerja
dan harapan pelaku transportasi terhadap bus kampus, yaitu dengan
menggunakan analisa kuadran sehingga dapat diketahui kepuasan
konsumen. Ternyata faktor-faktor yang menpengaruhi kepuasan
konsumen terhadap bus kampus itu adalah assurance, reliability,
empathy, dan responsive, pada faktor tangible faktor ini tidak dianggap
penting oleh konsumen bus kampus. Jadi setelah dipetakan dengan
analisa kuadran ternyata pada faktor reliability konsumen belum puas
dengan kinerja bus kampus yang sekarang ini, sedangkan assurance
dan responsive konsumen sudah puas terhadap kinerja bus kampus yang
sekarang ini. Jadi tingkat kepuasan konsumen terhadap bus kampus
secara keseluruhan 63% penumpang sudah cukup puas dengan
pelayanan bus kampus yang sekarang ini.
Kata Kunci : analisa kepuasan, analisa kuadran