DETAIL DOCUMENT
KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK "X" DITINJAU DARI BAURAN PEMASARAN PADA REMAJA AKHIR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Nada, Rafida Syofyanovsky
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-02-04 08:55:50 
Abstract :
Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli dimana konsumen benar-benar membeli. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian suatu produk yaitu bauran pemasaran. Bauran pemasaran terdiri dari empat konsep meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keputusan pembelian kosmetik ?X? jika ditinjau dari bauran pemasaran pada remaja di kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa analisis regresi sederhana dengan jumlah sampel 322 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur yaitu keputusan pembelian yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Kotler & Keller dan bauran pemasaran yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Kotler & Amstrong. Masing-masing skala memiliki reliabilitas sebesar .885 pada skala keputusan pembelian serta .893 pada skala bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap bauran pemasaran yang dapat terlihat dari signifikansi sebesar .000(p<.05) dan nilai koefisien R-square (R^2) sebesar .652. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian memberikan kontribusi sebesar 65,2% terhadap bauran pemasaran pada remaja di Kota Padang, sedangkan 34,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Andalas