Abstract :
Perkembangan dan kemajuan industri, dapat kita lihat dengan adanya
perkembangan dunia usaha yang semakin pesat. Dengan munculnya industri
barang dan jasa di sektor industri yang pesat, menimbulkan tingkat persaingan
usaha yang ketat. Demikian juga untuk produk sepeda motor yang menjual
barang sejenis yang dijual oleh dialer yang berbeda, sedangkan keinginan
konsumen beraneka ragam membuat konsumen menjadi bebas menentukan
produk yang dapat memuaskan kebutuhannya. Oleh karena itu, perusahaan
harus mengambil langkah-langkah maju untuk mengungguli pesaingnya.
Dalam usaha menentukan langkah-langkah maju agar sesuai dengan
tujuan perusahaan yaitu untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin
dengan potensi dan kemampuan yang maksimal, salah satu yang harus di
lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pemasaran. Pemasaran
merupakan salah satu yang harus diperhatikan demi keberhasilan perusahaan
disamping kegiatan bidang lainnya seperti produksi, personalia dan
keuangan(budgeting).