DETAIL DOCUMENT
SARKASME DALAM INTERAKSI SESAMA PEDAGANG DI PASAR RAYA KOTA SOLOK: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Shinta, Aulia Saputri
Subject
P Philology. Linguistics 
Datestamp
2022-02-09 06:55:52 
Abstract :
Shinta Aulia Saputri, 1710723021 ?Sarkasme dalam Interaksi Sesama Pedagang di Pasar Raya Kota Solok: Tinjauan Sosiolinguistik?. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, Padang. Pembimbing I, Dr. Aslinda, M.Hum. dan Pembimbing II, Alex Darmawan, S.S., M.A. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Apa saja wujud ujaran sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, (2) Apa saja bentuk tataran lingual sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, dan (3) Apa saja faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu (1) Menjelaskan wujud ujaran sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, (2) Menjelaskan bentuk tataran lingual sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, dan (3) Menjelaskan faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan teknik yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Metode dan teknik penelitian dibagi atas tiga tahap, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Tahap penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data menggunakan metode padan translasional, metode padan referensial, dan metode padan pragmatis. Teknik yang digunakan dalam analisis data terbagi dua, yaitu (1) teknik dasar menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan (2) teknik lanjutan menggunakan teknik Hubung Banding Membedakan (HBB). Selain menggunakan metode padan, penulis juga menggunakan metode agih, dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Selanjutnya, pada tahap penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Hasil yang diperoleh dari analisis data adalah 1) Sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok ditemukan dalam wujud celaan, ejekan, dan makian. 2) Sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok ditemukan dalam bentuk tataran lingual kata, frasa, dan kalimat. 3) Faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan sarkasme dalam interaksi sesama pedagang di Pasar Raya Kota Solok, yaitu (1) status sosial, (2) usia, dan (3) jenis kelamin. Kata Kunci: sarkasme, interaksi, pedagang, Pasar Raya, Kota Solok 
Institution Info

Universitas Andalas