DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Coping Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Ajaran 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Fikri, Alhamdika
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-02-09 04:45:05 
Abstract :
Mahasiswa tahun pertama rentan merasakan stres akademik yang dikarenakan oleh banyaknya rintangan dan tuntutan akademik yang harus diselesaikan. Coping self-efficacy menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan stres akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh coping self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 288 mahasiswa tahun pertama universitas di Kota Padang dengan menggunakan teknik probability sampling. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri atas dua yaitu alat ukur coping self-efficacy dan alat ukur stres akademik. Alat ukur coping self-efficacy scale memiliki reliabilitas sebesar 0,95 dan alat ukur student stress academi scale memiliki reliabilitas sebesar 0,80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari coping self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama. Coping self efficacy memengaruhi stres akademik sebesar 34% sedangkan 66% lainnya dipengaruhi oleh faktor alin yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Andalas