DETAIL DOCUMENT
Analisis Pemasaran Biji Kopi Beras dari Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Thania, Pratiwi Fahmi
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2022-02-11 06:45:27 
Abstract :
Penelitian ini berfokus pada pemasaran biji kopi beras dari Nagari Guguak Malalo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menggambarkan lembaga pemasaran yang terlibat dan fungsi-fungsi lembaga pada saluran pemasaran beras kopi di Nagari Guguak Malalo. (2) Menghitung margin pemasaran, farmer?s share dan efisiensi biaya saluran pemasaran biji kopi beras di Nagari Guguak Malalo. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 2 saluran pemasaran biji kopi beras, yaitu: saluran 1: petani ? pedagang pengumpul tingkat 1 ? pedagang pengumpul tingkat 2 ? industri, saluran 2: petani ? pedagang pengumpul tingakat 2 ? industri. Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran biji kopi beras adalah fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Margin pemasaran yang paling kecil terdapat pada saluran 2 yaitu sebesar Rp 1.000/kg. berdasarkan efisiensi pemasaran saluran 2 merupakan saluran yang lebih efisien karena memiliki nilai persentase efisiensi pemasaran terkecil yaitu sebesar 0,92%. Berdasarakan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah: (1) sebaiknya kelompok tani di Nagari Guguak Malalo mencoba untuk berperan dalam memasarkan biji kopi beras. (2) akan sulit mengalihkan petani untuk menerapkan saluran 2 karena ikatan kekeluargaan yang erat, maka peneliti hanya bisa menyarankan jika jumlah produksi kopi petani lebih banyak dari biasanya dan mencukupi untuk langsung dijual kepada pengumpul tingkat 2, petani bisa mencoba untuk menerapkan saluran 2 dalam memasarkan biji kopi berasnya. 
Institution Info

Universitas Andalas