HUBUNGAN STIMULASI ORANG TUA DAN PEMBERIAN GADGET LEBIH DINI DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTO PANJANG IKUA KOTO Total View This Week0
Institusion
Universitas Andalas
Author
Hafshah, Dalila Putri Nasution
Subject
RZ Other systems of medicine
Datestamp
2022-02-16 08:57:47
Abstract :
Anak usia pra sekolah merupakan masa keemasan. Perkembangan sosial merupakan awal kecerdasan dan emosi sosial anak.Kurangnya stimulasi orang tua dan pemberian gadget lebih dini dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan sosial pada anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stimulasi orang tua dan pemberian gadget lebih dini dengan perkembangan sosial anak pra sekolah di PAUD Wilayah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto.
Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto pada bulan Oktober 2021.Sampel penelitian adalah ibu dengan anak pra sekolah sebanyak 49 orangdengan metode proportional random sampling.Pengumpulan data dengan kuesioner dan Denver II. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p<0.05)
Hasil penelitian menunjukkan 50% anak prasekolah dengan stimulasi orang tua kurang mengalami perkembangan sosial menyimpang dan 14.3% anak yang sangat sering diberikan gadget mengalami perkembangan sosial menyimpang. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara stimulasi orang tua (p=0.03) dan pemberian gadget lebih dini (p=0.00) dengan perkembangan sosial anak.
Terdapat hubungan yang bermakna antara stimulasi orang tua dan pemberian gadget lebih dini dengan perkembangan sosial anak pra sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto.