Abstract :
Produksi dan Pemasaran Churros dengan Penambahan Kelapa (Cocos
Nucifera), Dino Alwi Aland Nabilah, NIM B32191084, Tahun 2022, 99
halaman., Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Anna Mardiana
Handayani, S.TP., M.Sc (Dosen Pembimbing).
Churros adalah jajanan goreng yang sering dijumpai pada acara-acara
festival yang diselenggarakan di Meksiko, Spanyol, dan negara-negara Latin
lainnya. Makanan ini mempunyai teksturnya yang renyah di luar dan sedikit
lembut di dalam serta memiliki rasa yang gurih dan manis membuat churros
menjadi jajanan favorit. Apalagi, bentuknya yang memanjang seperti tongkat
membuatnya sangat unik dan menarik untuk dinikmati. Churros menggunakan
bahan dasar tepung terigu dan margarin dengan penambahan gula, telur, vanili
dan kelapa sebagai campuran adonan. Makanan ini bisa dinikmatii oleh semua
kalangan, dan cocok untuk camilan ketika bersantai. Makanan ini mempunyai rasa
yang manis, gurih, dan nikmat. Pengambilan topik kelapa karena bahan yang
mudah didapat dan terjangkau serta banyak digemari. Saya tertarik mengolah
kelapa ini menjadi subtitusi atau pun tambahan pada jenis makanan ringan seperti
churros serta menurut penelusuran belum ada produk yang sama, karena pada
umumnya churros dibuat dari ubi jalar dan bebearapa macam jenis buah lainnya
seperti buah naga dan sebagainya. Selain itu juga bertujuan membuat inovasi
produk dan harapannya akan dapat dikembangkan lagi. Manfaat dari kelapa
adalah dapat memenuhi energi dalam tubuh karena adanya gula serta kandungan
kalori, protein, lemak dan vitamin.
Proses Produksi dan Pemasaran Churros dengan Penambahan Kelapa
(Cocos Nucifera) dilaksanakan selama 15 kali produksi dan menghasilkan jumlah
375 kemasan. Setiap produksi memperoleh 25 kemasan, berat produk yang
dihasilkan sebesar 100 gram yang dijual dengan harga Rp. 4.500 / kemasan. Sifat
organoleptik churros dengan penambahan kelapa yang disukai oleh konsumen
diantaranya yaitu warna kuning kecoklatan, aroma gurih khas kelapa, rasa gurih
ix
kelapa dan mempunyai tekstur renyah. Metode pemasaran yang dilakukan yaitu
dengan pemasaran secara langsung yaitu melakukan interaksi langsung pada
konsumen dan tidak langsung melalui media sosial whatsapp dan instagram.
Penjualan produk churros dengan penambahan kelapa mendapatkan keuntungan
sebesar Rp 319.616,03 dengan laju keuntungan 23 %, R/C Ratio sebesar 1,23
dimana apabila R/C Ratio >1 sehingga usaha ini bisa dinyatakan menguntungkan.